BP3TKI Medan Targetkan Penempatan 10.000 TKI Formal


Jakarta, BNP2TKI (1/2) – Ekonomi Malaysia paska krisis global saat ini sudah mulai membaik yang ditandai dengan tingginya peningkatan permintaan akan tenaga kerja asing. Mengantisipasi permintaan itu, Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) Medan menargetkan penempatan 10.000 TKI formal untuk ditempatkan di negeri jiran itu.

“Kami optimistis target penempatan 10.000 TKI Formal akan tercapai,” tutur Kepala BP3TKI Medan, H Sumadi Muhsin, di Medan, Kamis (1/4).

Untuk mencapai target itu, Sumadi terus giat melakukan lobi ke beberapa perusahaan manufaktur di Malaysia dengan melibatkan 30 Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS).

Selain Malaysia, Sumadi juga sedang melirik potensi pasar TKI semi skill dan skill yang ada di Timur Tengah. “Kami berencana dalam waktu dekat ini untuk mengunjungi dan menjajaki permintaan TKI dari Timur Tengah,” tutur Sumadi.

Untuk tahun 2009, menurut Sumadi, BP3TKI Medan hanya mampu memberangkatkan 10.000 TKI. Dari jumlah itu, terdapat 2.400 TKI formal. Penurunan jumlah penempatan TKI itu selain disebabkan lantaran krisis global yang menimpapa industri manufaktur di Malaysia, juga karena moratorium yang diberlakukan sejak 25 Juni 2009.

Selain TKI formal, menurut Sumadi, pada 2010 ini BP3TKI Medan juga menargetkan penempatan 15.000 TKI Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT). “Begitu moratorium dicabut, BP3TKI Medan siap mengirim ribuan TKI PLRT,” katanya.

Dampak moratorium ini tidak hanya menurunkan pendapatan PPTKI tetapi juga merugikan Calon TKI.BP3TKI Medan bahkan telah meminta PPTKIS untuk memulangkan semua calon TKI PLRT yang ada di penampungan,

“Sedikitnya ada 200 calon TKI PLRT asal Sumut yang tertunda keberangkatannya ke negeri Jiran,” papar Sumadi seraya mengusulkan kepada Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk mencari solusi terhadap CTKI yang tertunda.

Sumadi mengakui, secara kuantitas jumlah target pemberangkatan tahun 2009 sebanyak 10.000 TKI itu menurun, jika dibandingkan tahun 2008 yang mengirimkan sebanyak 14.377 TKI. (zul).

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: